Minggu, 08 Januari 2012

FILM NEGARA TURKI dan NEW ZEALAND

FIVE MINARETS IN NEW YORK






Disutradarai oleh     : Mahsun Kırmızıgül
Diproduksi oleh        : Murat Tokat dan Mevlut Akkaya
Ditulis oleh                : Mahsun Kırmızıgül
Dibintangi oleh        : Mahsun Kırmızıgül, Halik Bilginer, Mustafa Sandal, Danny    Glover, Gina Gershon, Robert Patrick
Musik oleh                : Tevfik Akbasli, Yildiray Gürgen, Mahsun Kırmızıgül
Pembuatan film        : Jim Gucciardo
Studio                        : Boyut Film
Didistribusikan oleh : Boyut Film
Release date (s)      : November 5, 2010
Waktu berjalan         : 118 menit
Negara                      : Turki
Bahasa                     : Turki
Genre                        : Action

Five Minarets in New York atau dalam bahasa Indonesianya adalah Lima Menara di New York ( Turki : Baru York'ta Bes Minare) adalah Turki film action yang ditulis dan disutradarai oleh Mahsun Kırmızıgül , yang menceritakan tentang dua petugas polisi Turki yang dikirim ke New York untuk membawa kembali seorang terroris. Film, yang kemudian dirilis secara umum di seluruh Turki pada tanggal 5 November 2010, adalah salah satu yang tertinggi dan terlaris film Turki tahun 2010 . Judul berasal dari lagu rakyat populer Turki, Lima Menara di Bitlis ( Turki : Bitlis'te Bes Minare). 

Produksi
Mahsun Kırmızıgül menulis cerita dan skenario ini sekitar 11 tahun sebelum produksi dimulai, dibuat dari bulan April sampai Juni 2010 yang berlokasi di New York , Amerika Serikat dan Istanbul , Turki dengan anggaran diperkirakan US $ 20 juta. 
Sinematografer Jim Gucciardo membuat film di 35mm Anamorphic menggunakan LT Arricam dengan seri Elang Anamorphic lensa V sebagai kamera utama "A" serta 1-Arri 435 untuk urutan kecepatan tinggi dan 1-235 Arri untuk urutan Steadicam genggam dan khusus

Plot
Film ini mengikuti dua anti-teror petugas dari Istanbul , dikirim ke New York untuk menemukan dan membawa kembali seseorang yang berkewarganegaraan Turki, yang dipanggil oleh FBI adalah Dajjal sebagai nama kodenya, yang ditangkap di Amerika Serikat dan akan dikembalikan kepada pihak berwenang Turki oleh FBI . Film ini menekankan Maraknya Islamophobia di Turki dan Amerika Serikat setelah serangan 11 September.

 Pemain
Mahsun Kırmızıgül sebagai Fýrat
Haluk Bilginer sebagai Haji
Mustafa Sandal sebagai Acar
Danny Glover sebagai Marcus
Gina Gershon sebagai Maria
Robert Patrick sebagai Becker

Sinopsis
Di film ini, FBI dengan agen-agen anti teror dunia-nya telah menangkap seorang target yang di tuduh telah mendalangi berbagai teror di dunia. mereka memberi nama kode 'Dajjal'. belakangan di ketahui orang itu adalah seorang imigran dari Turki yang bernama Hadji Gumus (Haluk Bilginer). Hadji Gumus adalah anggota dari perkumpulan minoritas muslim  yang sehari-harinya dikenal sebagai seorang ilmuwan muslim kenamaan. Kabarnya, Hadji Gumus pindah ke Amerika Serikat setelah ia dibebaskan dari penjara di Turki atas tuduhan pembunuhan. Dia ditangkap dirumahnya ketika sedang menjalankan ibadah sholat. Hadji ditahan di sebuah penjara di New York , Amerika.

Dinas kepolisian Turki memberi tugas pada Firat (Mahsun Kirmizigül) dan Acar (Mustafa Sandal) yang merupakan dua orang polisi terbaik di jajaran kepolisian Turki yang tergabung dalam kesatuan anti teror Istambul. Keduanya ditugaskan ke Amerika untuk menjemput dan membawa Hadji kembali ke Turki untuk di adili disana.

Tak jelas apakah informasi yang didapat FBI ini memang benar-benar akurat. Entah dari mana FBI memperoleh informasi tentang 'Dajjal' ini, atau hanya kebencian mereka hingga melakukan apapun. Benarkah Hadji Gumus adalah teroris bernama Dajjal atau ia sebenarnya hanya kambing hitam yang terjebak di tengah kisruhnya perburuan teroris di Amerika?  Belakangan di ketahui bahwa FBI melakukan kesalahan dalam penangkapan Hadji. Dia bukanlah teroris yang dimaksud.
Dalam film ini juga di bumbui dengan romantika keluarga Hadji, mulai dari fenomena bahwa ternyata istri hadji adalah non muslim, sampai adengan bertemunya kembali Hadji dengan Ibu kandungnya di kampung halaman dan juga kisah pembalasan dendam oleh keluarga Acar kepada keluarga Hadji atas kejadian masa lalu yang dilakukan Kakak Hadji.

Tingkatan proses komunikasi dalalm film ini.

Komunikasi intra- pribadi
00:58:36 terjadi komunikasi intra pribadi

Komunikasi antar pribadi
00:02:00 percakapan antara 2 pria yang membicarakan tentang 5 bom yang akan meledak di 5 tempat.

Komunikasi dalam kelompok
00:02:42 percakapan antara 3 orang
00:03:16 antara habib dan pengikutnya
00:04: 33 kepala polisi yang menugaskan seluruh bawahannya
00:20:07 perbincangan antara anggota keluarga Hadji Gumus

Komunikasi antar kelompok
00:07: 30 terjadi peperangan antara polisi dengan sekelompok orang turki

Komunikasi organisasi
00:18:12 FBI membahas tentang terroris yang akan ditangkap.

Komunikasi dengan masyarakat luas
00:15:52 terjadi komunikasi dengan masyarakat luas
00:21:10 terjadi pembicaraan dengan masyarakat tentang Hadji Gumus yang ditangkap.

Komunikasi non verbal. Terdiri dari komunikasi:
Komunikasi ruang
00:06:20 seseorang berlari dan menuruni tangga sambil berteriak
01:30:00 terjadi percakapan antara Hadji yang berada di dalam sel tahanan dengan 3 orang lain yang berada di luar sel.

Komunikasi diam
00:00:54 melambaikan tangan
00:08:50 terjadi bahasa isyarat
00:10:48 terjadi bahasa isyarat

Komunikasi tubuh
00:19:18 terjadi pemukulan
00:51:36 terjadi jabat tangan antara istri Hadji Gumus dengan polisi turki bernama firat dan acar.

Komunikasi paralanguage
00:01:12 berteriak dan menangis
01:03:43 pertemuan antara Hadji dan ibundanya yang menangis
01:21:27 seseorang berteriak saat dibawa paksa dengan 2 orang berkebangsaan Tirki
01:45:32 ketika Ibunda Hadji berteriak dan berterima kasih kepada Allah.

Komunikasi waktu dan tempat
00:02:00 percakapan yang terjadi di dalam stasiun kereta api di pagi hari
00:02:42 percakapan antara 3 orang di tempat kejadian perkara pada siang hari
00:03:26 percakapan antara habib di dalam masjid pada pagi hari

Komunikasi tidak langsung
00:11:39 percakapan melalui telephone
00:23:16 percakapan melalui media
00:35:33 percakapan melalui media

Komunikasi Asosiasi
01:22:52 istri Hadji berbicara dengan seorang wanita berkebangsaan Amerika


HEAVENLY CREATURES



   
Sutradara                  : Peter Jackson
Produser                   : Jim Booth dan Peter Jackson
Penulis                      : Fran Walsh dan Peter Jackson
Pemeran                   : Melanie Lynskey dan Kate Winslet
Musik oleh                : Peter Dasent
Sinematografi          : Alun Bollinger
Penyunting               : Jamie Selkirk
Studio                       : WingNut Films
Distributor                : Miramax Films
Tanggal rilis          :  14 Oktober 1994,  16 November 1994,  8 Januari 1995, dan  12 September 1995
Durasi                      : 108 menit
Negara                     :  Selandia Baru
Bahasa                     : Inggris
Genre                        : Drama


Heavenly Creatures adalah sebuah film drama Selandia Baru tahun 1994 diproduksi oleh WingNut Films dan Miramax Films. Film ini diproduksi, disutradarai dan ditulis oleh Peter Jackson dengan co-penulis Fran Walsh. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Selandia Baru: Melanie LynskeyKate WinsletSarah PeirseDiana KentClive Merrison, dan masih banyak lagi. Heavenly Creatures Difilmkan di lokasi di Christchurch, Selandia Baru di mana peristiwa terjadi, fitur Melanie Lynskey dan Kate Winslet dalam debut layar mereka. Film ini berkaitan dengan hubungan obsesif antara Paulus Parker (Lynskey) dan Juliet Hulme (Winslet), dua remaja yang membunuh ibunya Parker (Peirse). Peristiwa-peristiwa dari film mencakup periode dari pertemuan gadis-gadis 'pada tahun 1953 awal untuk pembunuhan pada tahun 1954.
Makhluk Surgawi dibuka untuk pujian kritis yang kuat di Venice Film Festival pada tahun 1994, itu menjadi salah satu film yang paling diterima dengan baik tahun ini. Reviewer memuji sebagian besar aspek produksi, namun perhatian khusus diberikan kepada pertunjukan oleh Winslet yang sebelumnya tidak diketahui, rekan-bintang dan untuk prestasi Lynskey Jackson mengarahkan. Film ini menerima Academy Award nominasi untuk Skenario Asli Terbaik.

Pemeran
Sarah Peirse — Honora Parker
Diana Kent — Hilda Hulme
Clive Merrison — Doktor Henry Hulme
Simon O'Connor — Herbert Rieper
Jed Brophy — John ("Nicholas")
Peter Elliott — Bill Perry
Gilbert Goldie — Doktor Bennett


Sinopsis
Pada tahun 1950-an Christchurch, Selandia Baru, seorang gadis berusia 14 tahun dari sebuah keluarga kelas pekerja Pauline Parker (Lynskey) berteman dengan Inggris lebih kaya 15 tahun Juliet Hulme (Winslet) ketika Juliet transfer ke sekolah Pauline. Mereka obligasi atas sejarah bersama penyakit masa kanak-kanak yang parah dan rawat inap mengisolasi, dan dari waktu ke waktu mengembangkan persahabatan yang kuat. Pauline mengagumi kesombongan vokal Juliet dan keindahan. Bersama-sama mereka melukis, menulis cerita, membuat patung-patung tanah liat, dan akhirnya menciptakan fantasi kerajaan yang disebut Borovnia, yang mulai menjadi seperti nyata bagi mereka sebagai dunia nyata. Pauline hubungan dengan ibunya menjadi semakin bermusuhan dan dua laga terus-menerus. Suasana marah adalah kontras dengan kehidupan yang damai saham intelektual Juliet dengan keluarganya. Paulus menghabiskan sebagian besar waktunya di Hulme, di mana dia merasa diterima. Selama perjalanan sehari ke Port Levy, orang tua Juliet mengumumkan bahwa mereka akan pergi dan berencana untuk meninggalkan Juliet belakang, dan ketakutan-nya ditinggal sendirian membuatnya histeris. Histerianya berpuncak pada pengalaman pertama nya "Dunia Keempat," sebuah negeri di mana semua yang indah dan dia aman. Dia meminta Paulus untuk datang dengan dia, dan dunia yang melihat Juliet menjadi terlihat Pauline juga. Setelah acara ini, dua mengacu pada Dunia Keempat sebagai tempat mereka akan pergi ketika mereka mati, dan mereka aktor nama mereka seperti sebagai "orang kudus" di dunia itu. Ini disajikan sebagai psikosis bersama yang menjadi kenyataan dominan gadis-gadis ', sangat mempengaruhi kemampuan mereka untuk secara akurat memahami peristiwa dunia nyata.
Juliet memiliki serangan TBC dan dikirim ke klinik, dan sekali lagi orang tuanya meninggalkan negara itu, meninggalkan dia sendirian dan putus asa hilang Pauline. Pauline adalah tempat tandus tanpa dia, dan dua memulai korespondensi yang intens, menulis tidak hanya sebagai dirinya sendiri, tetapi dalam peran dari pasangan kerajaan Borovnia. Selama waktu ini Paulus mulai hubungan seksual dengan asrama, yang membuat Juliet cemburu. Untuk kedua dari mereka, kehidupan fantasi mereka menjadi sebuah pelarian berguna ketika sedang stres di dunia nyata, dan dua terlibat dalam semakin kekerasan, bahkan membunuh, fantasi. Setelah empat bulan, Juliet dilepaskan dari klinik dan mengintensifkan hubungan mereka dan menjadi seksual. Ayah Juliet menyalahkan intensitas hubungan pada Paulus dan berbicara kepada orang tuanya, yang membawanya ke dokter. Dokter mencurigai bahwa Paulus adalah homoseksual karena cinta intens untuk Juliet, dan atribut kemarahannya meningkat pada ibunya untuk ini "gangguan."
Juliet menangkap ibunya membawa pada perselingkuhan dengan salah satu klien psikologis dan mengancam untuk memberitahu ayahnya, tapi ibunya mengatakan padanya bahwa dia tahu. Tak lama kemudian, dua mengumumkan niat mereka untuk bercerai, sangat mengganggu Juliet. Segera diputuskan bahwa keluarga akan meninggalkan Christchurch, dengan Juliet yang pergi dengan seorang kerabat di Afrika Selatan. Dia menjadi semakin histeris membayangkan harus meninggalkan Paulus, dan dua gadis berencana untuk melarikan diri bersama-sama. Ketika rencana itu menjadi tidak mungkin, dua mulai bicara tentang membunuh ibunya Pauline, Honora, karena mereka melihatnya sebagai hambatan utama untuk sisa mereka bersama-sama. Sebagai tanggal keberangkatan mendekati Juliet, diputuskan bahwa kedua anak perempuan harus menghabiskan dua minggu terakhir bersama-sama di rumah Juliet. Pada akhir waktu itu Paulus pulang ke rumah dan dua menyelesaikan rencana pembunuhan itu. Honora rencana sehari untuk tiga dari mereka di Victoria Park, dan gadis-gadis memutuskan ini akan menjadi hari. Juliet menempatkan sepotong pecahan batu bata ke kaus kaki dan mereka pergi ke taman. Setelah teh, berjalan tiga menyusuri jalan dan ketika Honora membungkuk untuk mengambil pesona gadis-gadis merah muda telah diletakkan di sana, Juliet dan Pauline gada sampai mati.
Dalam sebuah catatan terungkap bahwa pada hari berikutnya buku harian Pauline ditemukan, di mana rencana pembunuhan itu telah digariskan. Keduanya diadili, divonis, dan dihukum penjara. Ini adalah kondisi akhirnya rilis mereka bahwa mereka tidak pernah bertemu lagi.

Tingkatan proses komunikasi dalalm film ini.

Komunikasi intra- pribadi
Komunikasi ini terdapat pada  menit 01:00. Pada saat itu Pauline Parker yang sedang membaca dan menulis disebuah buku, berbicara dengan dirinya sendiri.

Komunikasi antar pribadi
Komunikasi ini terdapat pada menit dan detik:
00:30 terjaddi perdebatan antara juliet dengan guru seninya.
01:10 terjadi pertengkaran antara Pauline dan ibunya
01:23 terjadi perbincangan antara ibunda Pauline dengan seorang laki- laki paruh baya
Komunikasi dengan masyarakat luas
Komunikasi ini terjadi pada awal trailer ini. Yaitu pada detik ke 00:12. Saat itu sedang berlangsung sesi pemotretan. Sang fotographer menginstruksikan kepada murid- murid untuk tersenyum.

Komunikasi non verbal. Terdiri dari komunikasi:
Komunikasi ruang
Komunikasi ini terjadi pada menit 01:23. Terjadi percakapan antara ibunda Pauline dengan seorang pria paruh baya yang duduk pada sudut ruangan.

Komunikasi diam
Dalam trailer ini, terdapat beberapa komunikasi diam. Diantaranya:
00:21 raut wajah Pauline yang menggambarkan kekesalan
01:28 mimik wajah yang datar menggambarkan mereka sedang memikirkan sesuatu yang serius.
01:50 raut wajah yang dibuat bertekuk (cemberut) yang mengisyaratkan Pauline sedang kesal.

Komunikasi tubuh
Ada beberapa komunikasi tubuh yang terjadi pada trailer film ini. Diantaranya adalah:
01:28 dua orang sahabat yang saling berangkulan. Yaitu antara Pauline dan Juliet.
01:45 terjadi kekerasan (penamparan) yang dilakukan oleh ibunda Pauli terhadap Pauli.
01:56 juliet dan Pauline  saling berpegangan tangan.

Komunikasi paralanguage
Pada detik ke 00:34 dan menit ke 01:04 terjadi komunikasi paralanguage.

Komunikasi waktu dan tempat
Di trailer ini banyak sekali contoh komunikasi waktu dan tempat. Contohnya:
00:12 percakapan yang terjadi di lapangan sekolah dan terjadi pad siang hari.
00:21 percakapan ini terjadi di dalam kelas dan terjadi di siang hjari.
00:30 percakapan di dalam kelas dan terjadi pada siang hari.
00:34 terjadi di pinggiran toko atau pinggiran jalan dan terjadi pada pagi hari.
01:00 di dalam kamar tidur pada malam hari.
01:04 di danau pada siang hari.
01:10 di dalam kamar Pauline pada saat pagi hari.
01:23 terjadi di dalam ruang tamu dan dalam keadaan badai pada malam hari.
01:28 terjadi di dalam mobil pada siang hari.
01:45 terjadi di dapur pada saat pagi hari.
01:56 terjadi di pinggir danau pada siang hari.

NB: Dikarenakan film ini hanya berupa trailer, maka dalam pembuatan paper ini khususnyua dalam penjelasan mengenai tingkatan komunikasi tidak dapat dijelaskan keseluruhannya. Seperti komunikasi dalam kelompok, antara kelompok, dan komunikasi organisasi.

Perbedaan dan persamaan antara film FIVE MINARETS IN NEW YORK dengan HEAVENLY CFREATURES
Perbedaan:
Perbedaan yang mendasar dari kedua film ini adalah jenis filmnya. Film FIVE MINARETS IN NEW YORK bergenrekan action film. Sedangkan HEAVENLY CREATURES bergenrekan drama
Film HEAVENLY CREATURES lebih menyoroti tentang persahabatan antara Juliet dan Pauline. Sedangkan FIVE MINARETS IN NEW YORK lebih menyoroti tentang terrorisme.
Persamaan:
Persamaan dari kedua film ini adalah sama- sama terjadi pembunuhan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar