Minggu, 08 Januari 2012

Tingkatan proses komunikasi

Menurut Denis McQuail, kegiatan komunikasi dalam masyarakat ada 6 tingkatan. Yaitu  sebagai berikut :

1.      Komunikasi intra- pribadi
Komunikasi intra- pribadi yaitu proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang ketika seseorang tersebut sedang melakukan kegiatan seperti berfikir dan merenung.
Contoh: ketika saya sedang merenungkan bagaimana caranya menjadi seorang pendidik seni rupa yang berwawasan luas, kompeten di bidangnya, dan dapat dihargai oleh murid- muridnya.
2.      Komunikasi antar pribadi
Proses komunikasi atau kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh 2 orang saja.
Contoh: percakapan tatap muka antar saya sebagai guru dan murid- murid saya, percakapan antar 2 orang yang berbeda tempat melalui telepon, dan lain- lain.
3.      Komunikasi dalam kelompok
Proses komunikaasi yang berlangsung dalam kelompok itu sendiri. Dalam tingkatan komunikasi ini, setiap anggota kelompok berbicara atau berkomunikasi sesuai dengan peran da posisinya dalam kelompok tersebut.
Contoh: diskusi antara saya sebagai guru seni rupa dan murid- murid saya di kelas tentang materi atau topik yang akan dibahas, ngobrol- ngobrol antar anggota keluarga.
4.      Komunikasi antar kelompok
Proses komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Masing- masing anggota kelompok membawa peran dan kedudukan atau posisinya sebagai wakil dari kelompok masing- masing.
Contoh: debat antara kelompok- kelompok dalam kelas ketika membahas sebuah materi, dan rapat pertanggung jawaban kepemimpinan osis.
5.      Komunikasi organisasi
Komunikasi ini mencakup komunikasi dalam suatu organisasi atau organisasi dengan organisasi lainnya. komunikasi organisasi berbeda dengan komunikasi dalam kelompok. Perbedaannya adalah bahwa sifat komunikasi organisasi lebih formal dan lebih mengutamakan prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan kegiatan komunikasinya.
Contoh: rapat osis mengenai program kerja setiap ekskul
6.      Komunikasi dengan masyarakat luas
Pada tingkatan ini, komunikasi ditujukan pada masyarakat luas atau halayak ramai. Komunikasi ini dapat dilakukan melalui 2 cara. Yakni :
1.      Komunikasi massa
Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, tv, surat kabar, dan lain- lain.
2.      Komunikasi langsung
Komunikasi yang tidak melalui perantara. Komunikasi ini dilakukan langsung di depan masyarakat luas atau halayak ramai.
Contoh: ceramah, pidato terbuka, dan saat saya memberikan materi di depan kelas kepada murid- murid saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar